Sinergioptima

Konsultan Psikologi Terapan

Mengembangkan kreativitas melalui Multiple Intelligences

Mengembangkan kreativitas melalui kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences)

 

            Berkaitan dengan kreativitas yang dimiliki anak, kita juga dapat mengembangkannya melalui berbagai kecerdasan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, diantaranya yang berkaitan dengan kecerdasan jamak (multiple intelligences). Dr. Howard Gardner merupakan pencetus teori Multiple Intelligence, yang terdiri dari 8 jenis kecerdasan yang meliputi:

Kecerdasan verbal/linguistik

Kecerdasan ini dapat diketahui melalui kegiatan bercakap-cakap, berdiskusi dan membaca serta kemampuan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, lisan atau tulisan. Berbagai cara dalam menumbuhkan kecerdasan ini adalah dengan membaca, menulis, maupun bercerita.

Kecerdasan visual-spatial

Kecerdasan ini melibatkan kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ukuran, ataupun luas, seperti yang dilakukan dalam kegiatan melukis, menggambar, dll.

Kecerdasan musik irama

Yaitu kepekaan dalam mendengarkan suara, musik, dan suara lainnya.

Kecerdasan kinestetik dan gerakan tubuh ( bodily – kinesthetic)

Berkaitan dengan kepekaan dan keterampilan dalam mengontrol koordinasi gerakan tubuh melalui gerakan motorik kasar dan halus, seperti menggunakan alat-alat secara terampil, melompat, berlari, melakukan gerakan senam atau gerakan menari dll.

Cerdas Matematika dan Logika

Berkaitan dengan kepekaan dalam hitungan dan berpikir abstrak serta logis dan ilmiah.

Cerdas Sosial

Dapat ditunjukkan melalui kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, bekerja sama, serta segala sesuatu yang melibatkan hubungan dengan orang lain disekitarnya.

Cerdas Diri

Yaitu kepekaan dalam melakukan instrospeksi terhadap diri sendiri dan membandingkannya dengan kelemahan dan kekuatan orang lain.

Kecerdasan naturalis

Berkaitan dengan kepekaan dalam mengapresiasi alam dan lingkungan sekitar.

           

Tugas kita, orangtua maupun guru sebagai pendidik adalah berusaha sebaik mungkin untuk menemukan dan mengembangkan sebanyak mungkin kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak yang dapat mendukung kemampuan kreativitasnya.

 

Sumber: Buletin PAUD ANAK CERIA UNAIR Volume II Tahun II

December 5, 2008 - Posted by | Article | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: