Sinergioptima

Konsultan Psikologi Terapan

Layanan Bidang Pendidikan

Sektor pendidikan yang saat ini merupakan perhatian utama dari beberapa kalangan menuntut lembaga pendidikan tidak saja memiliki pendidik dengan kemampuan akademik yang memadai, namun juga karakter pendidik yang aware dengan kebutuhan psikologis siswa. Artinya, lembaga pendidikan harus mendapatkan pendidik yang bukan saja “pandai” akan tetapi juga “berkepribadian matang”. Tes Psikologi dan mapping guru dapat menjadi alternatif bagi lembaga pendidikan untuk mendapatkan pendidik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

 

Pentingnya tes Penjurusan

Perkembangan dunia yang semakin pesat menuntut setiap individu untuk bisa menguasai dan memiliki kemampuan expert pada bidang-bidang khusus. Dibutuhkan basic kemampuan yang kuat untuk bisa menguasai bidang khusus tersebut. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan jurusan yang tepat sesuai dengan potensi dan bakat siswa. Dengan melakukan evaluasi (human audit) dalam hal ini diharapkan sekolah mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar pada jurusan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat siswa.

 

Layanan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memilih peminatan/ jurusan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat yang dimiliki. Pemilihan jurusan ini selain didasarkan oleh nilai-nilai mata pelajaran yang mendukung peminatan tertentu tetapi juga dari beberapa tes psikologi seperti tes intelegensi, tes kepribadian dan tes bakat minat.

 

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menempatkan siswa pada satu peminatan tertentu diharapkan siswa berada dalam peminatan yang benar-benar sesuai dengan potensi dan minatnya sehingga potensi siswa akan teraktualitaasi secara optimal. Tidak hanya itu peminatan yang sesuai diharapkan dapat menjadi basic akademik yang menunjang pemilihan jurusan ketika kuliah atau jenis pekerjaan yang sesuai untuk siswa-siswa yang berorientasi kerja selepas SMU.

 

Mapping Guru

Layanan kami tidak hanya terbatas pada bagaimana membantu siswa menentukan jurusan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat saja. Kami juga berkomitmen menjawab tantangan perkembangan zaman bidang pendidikan dengan melakukan mapping pada guru-guru sekolah. Tidak dipungkiri selama ini belum ada pendekatan yang komprehensif untuk menempatkan guru sesuai dengan kompetensi profesi yang ia miliki serta karakteristik kepribadian seseorang. Apakah guru A adalah pendidik matematika yang cocok untuk kelas I ataukah ia cocok untuk pendidik kimia untuk kelas III ? karena kesesuaian karakteristik kepribadian, kesesuaian basic pendidikannya dengan tuntutan pada kelas tersebut? Dengan melakukan mapping, sekolah akan mengetahui secara pasti kemampuan, kualitas, kapabilitas dan karakteristik kepribadian masing-masing guru sehingga mereka bisa ditempatkan pada posisi yang sesuai. Dengan penempatan yang tepat, diharapkan guru akan mampu menjalankan fungsinya secara optimal dan meningkatkan pemahaman dan kualitas siswa tentunya.

March 11, 2009 - Posted by | Layanan bidang pendidikan

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d bloggers like this: